Heritage

 

Cabang dari pohon budaya Heritage

 

Jika kesenian adalah ekspresi jiwa masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta, maka heritage adalah warisan sejarah atau jiwa nenek moyang yang dititipkan pada generasi masadepan dalam bentuk museum, cagar budaya, cerita rakyat, naskah kuno, dan busana. Pusaka ini adalah tongkat estafet dari sebuah perjalanan sejarah panjang lahirnya Daerah Istimewa Yogyakarta.

Warisan kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan peninggalan dari peradaban-peradaban yang membentuk  jiwa kebudayaan manusianya saat ini. Bahwa jiwa kebudayaan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan warisan dari    akar peradaban-peradaban Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat baik dari zaman Mataram Kuno (Hindu-Budha), Mataram Islam, dan masa-masa kolonialisme ataupun saat perjuangan melawan penjajah.

 

Seperti halnya kesenian, heritage atau warisan budaya ini merupakan cabang yang membawa mineral berupa jiwa-jiwa dari akar kebudayaan. Jiwa-jiwa tersebut akan mengalir dan mempengaruhi warna daun dan warna bunga, serta berakhir menjadi rasa buah dari pohon kebudayaan.