Museum Kereta

 

Alamat
Ds. Rotowijayan Kec. Kraton Yogyakarta

-7.805593,110.363138

 

Museum Kereta Keraton Yogyakarta terletak di Jl. Rotowijayan Yogyakarta, atau sebelah barat bangunan Keraton Yogyakarta. Museum yang didirikan sejak bertahtanya Sri Sultan Hamengkubuwono VI ini menyimpan beragam koleksi kereta kuda milik Keraton Kasultanan Yogyakarta. Pada jaman dahulu kereta-kereta tersebut dahulu merupakan kendaraan para sultan untuk berbagai keperluan dan acara yang diselenggarakan Keraton Yogyakarta.

Sebagian koleksi kereta sampai saat ini masih digunakan dalam upacara-upacara tradisi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Tetapi sebagian juga ada yang tidak digunakan sama sekali, karena usia kereta yang sudah tua. Banyak sekali peristiwa dan sejarah  yang melekat pada masing-masing kereta selama pemerintahan Keraton Yogyakarta sampai saat ini.

Museum Kereta Keraton biasanya menjadi salah satu tujuan wisata dari serangkaian acara wisata kota yang meliputi Keraton Yogyakarta, Taman Sari dan Benteng Vredeburg. Karena keberadaannya yang sangat dekat dengan Keraton Yogyakarta, anda hanya butuh beberapa menit saja berjalan kaki dari Keraton Yogyakarta ataupun Malioboro untuk bisa sampai ke museum kereta ini.

 

Harga tiket masuk di museum ini per orang dikenakan sebesar Rp 3.000,- dan untuk dapat menggunakan kamera dikenakan biaya sebesar Rp 1.000,-

Galeri Foto

Kreta kraton

 

Kreta kraton1

 

Kreta kraton2

 

Kreta kraton3

 

Kreta kraton4

 

sebagai Museum Kereta dalam cabang Museum