Museum Bahari Yogyakarta

 

Alamat
Jl. Remartadinata 69 Ds. Wirobrajan RT 07 RW 02 Kec. Wirobrajan Yogyakarta

-7.80071,110.348005

Pemilik/Pengelola
Maria Endang Wuryaningsih

Tahun berdiri
1990

 

Berdirinya museum ini atas prakarsa Bapak Laksamana Madya TNI Yosafat Didik Heru Purnomo selaku Pembina Paguyuban Tri Sekar Lestari. Kecintaan beliau pada laut menggugah untuk membangun sebuah museum kelautan yaitu Museum Bahari Yogyakarta.
Ide pembangunan museum ini dengan keprihatinan beliau melihat wawasan kelautan antusiasme generasi muda terhadap laut sangat kurang. Bangunan yang sekarang berdiri menjadi Museum Bahari awal mulanya adalah rumah pribadinya yang dihibahkan menjadi museum Bahari. Museum Bahari Yogyakarta ini letaknya di Jalan RE Martadinata No. 69 Wirobrajan Yogyakarta. Tujuan pendirian museum ini adalah untuk meningkatkan wawasan kebaharian generasi muda Yogyakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya serta membangkitkan semangat cinta bahari.
Dengan mengenal kemaritiman secara lebih dekat diharapkan generasi muda sebagai harapan bangsa lebih mencintai laut dan memberdayakan sumber daya alam di laut
Museum Bahari adalah museum yang di dalamnya berisi tentang segala aspek kelautan meliputi beberapa koleksi antara lain: replika kapal perang TNI AL, torpedo,meriam, ranjau laut, cinderamata kelautan dan koleksi-koleksi yang berhubungan dengan kelautan. Sebagai museum termuda di Yogyakarta, Museum Bahari sudah terdaftar menjadi anggota Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY, badan yang bertugas mengkoordinasi berbagai agenda kepengurusan museum di DIY untuk mendekatkan museum pada masyarakat.Untuk dapat masuk dan berkunjung ke museum ini hanya dengan biaya Rp 1000,00 dan kita akan mendapatkan berbagai ilmu tentang kelautan. Hal ini akan jauh sangat bermanfaat jika dibandingkan uang Rp 1000,00 hanya untuk beli jajan yang akan segera habis tak bersisa. Museum ini dibuka setiap hari Senin-Minggu untuk rombongan dengan pemberitahuan terlebih dahulu , Sabtu dan Minggu untuk umum sejak pukul 08.30 – 15.30 WIB. Telepon yang bisa dihubungi (0274) 376691
Museum yang terletak di Jl. R.E. Martadinata 69 Wirobrajan Yogyakarta ini terdiri dari empat ruangan utama, yaitu ruangan koleksi dan souvenir, ruangan koleksi (lantai II), ruangan anjungan, terakhir ruangan audiovisual yang dilengkapi dengan peralatan audio visual untuk pemutaran film yang berkaitan dengan kelautan. Di museum ini, pengunjung dapat mengetahui berbagai koleksi kelautan, seluk beluk isi anjungan kapal perang, serta menikmati berbagai film dokumenter sejarah TNI AL. Banyak koleksi menarik tentang wawasan kelautan dan pertahanan laut seperti senjata meriam, bom laut, torpedo, alat penyelam, telegraf, miniatur kapal, peta dunia, meriam bergerak, jangkar, replika kapal beserta komponen-komponen di dalamnya.
Koleksi-koleksi ini tergolong banyak dan beragam yang akan mampu menarik minat pengunjung. Untuk mengunjungi Museum Bahari, pengunjung atau wisatawan dapat dengan mudah menuju lokasinya karena tidak sulit untuk dijangkau. Dari Malioboro Yogyakarta dapat menggunakan bus kota jalur 15 dan langsung turun di depan Museum Bahari Yogyakarta.

Galeri Foto

Museum bahari yogyakarta

 

Museum bahari yogyakarta1

 

Museum bahari yogyakarta2

 

Museum bahari yogyakarta3

 

Museum bahari yogyakarta4

 

Museum bahari yogyakarta5

 

Museum bahari yogyakarta6

 

Museum bahari yogyakarta7

 

sebagai Museum Bahari Yogyakarta dalam cabang Museum