Museum Paleoantropologi UGM

 

Alamat
Jl. Medika Sekip Ds. Sekip Kec. Depok Gungung Kidul

-7.770304,110.375422

 

Museum Paleoantropologi merupakan bagian dari Laboratorium Bioantropologi dan Paleoantropologi dibawah Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada.

Museum ini berada di jalan Medika, Sekip, Yogyakarta tepatnya di seberang jalan barat gedung Grha Sabha Pramana UGM. Museum dari Laboratorium Paleoantropologi ini pada dasarnya ingin membantu para pengunjung untuk mengenal diri sendiri lebih jauh dan lebih dalam, siapa saya? Apa? Mengapa? Bagaimana? Dan Kapan saya hadir di bumi sebagai apa? Dan sebagainya.

Untuk mengenal hal tersebut tentu saja dengan dasar-dasar pengetahuan, tidak mungkin kita mempelajari dan mengenal diri kita tanpa mengenali segala sesuatu yang berada di sekeliling kita.

Selama ini kita selalu menyatakan diri sebagai makhluk yang bernama manusia dan senantiasa menganggap diri sebagai satu-satunya makhluk yang terunggul di bumi.

Namun kita sering lupa bahwa tanpa sesuatu yang berada di sekeliling kita tidak mungkin kita tetap ada, karena itu dalam museum ini disajikan keterkaitan tiga faktor utama yang ada di bumi yaitu lingkungan (alam, fauna, flora), budaya dan manusia yang saling terkait dan tidak mungkin dipisahkan.

Museum ini menyajikan materi pameran antara lain: sejarah hayat, pohon hayat, beda ciri manusia dan kera, filogeni hewan, filogeni manusia, ontogeni, paleoanthropologi Indonesia, paleoanthropologi dunia, evolusi alat-alat budaya, situs prasejarah di Indonesia, situs prasejarah dunia, fosil-fosil hewan purba dan fosil-fosil manusia purba.

Lokasi : Kompleks Universitas Gadjah Mada

 

 

Telp.   : 0274-902546

Galeri Foto

Museum paleoantropologi ugm

 

Museum paleoantropologi ugm1

 

Museum paleoantropologi ugm2

 

sebagai Museum Paleoantropologi UGM dalam cabang Museum