Museum Purbakala Pleret

 

Alamat
Ds. Pleret Kec. Pleret Bantul

-7.866602,110.400592

Pemilik/Pengelola
Dinas Kebudayaan Provinsi DIY

Tahun berdiri
2004

 

Museum Sejarah Purbakala Pleret ini didirikan pada tahun 2004 sebelum terjadi gempa. Pada saat itu, bangunan museum hanya ada satu unit. Dengan luas sekitar  2.500 m2,  bangunan museum ini telah direnovasi dalam tiga tahap selama tiga tahun berturut-turut.  Pada tahun 2007, dibangunlah gedung di sisi barat museum, setahun kemudian gedung  pada sisi tengah museum ini dibangun dan  pada 2009 dilakukan renovasi besar-besaran: pembangunan 4 gazebo, perbaikan sumur gumuling, tempat parkir dan papan nama. Sampai dengan saat ini, Museum Sejarah Purbakala Pleret belum diresmikan menjadi museum yang mandri. Untuk sementara museum masih dikelola olah pihak Dinas Kebudayaan Provinsi DIY.

Museum Sejarah Purbakala Pleret berada di Dusun Kedaton, Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Museum ini menyimpan benda-benda yang terkait dengan berbagai peristiwa sejarah yang pernah ada di Pleret. Kecamatan Pleret merupakan salah satu daerah di Kabupaten Bantul yang mempunyai peran historis tinggi karena pernah menjadi tempat berdirinya Keraton Kerto dan Keraton Pleret. Keberadaan tempat-tempat tersebut kini sudah tidak dapat dilihat lagi, namun sebagian sisa bangunan masih terpendam di dalam tanah. Beberapa komponen bangunan yang telah rusak tersebut, saat ini akhirnya tersebar di beberapa wilayah di sekitar bangunan tempat museum berdiri.

Keberadaan Sumur Gumuling menjadi simbol adanya suatu peradaban yang pernah berkembang di tempat itu karena adanya sumur tersebut menandakan lokasi bekas berdirinya Keraton Pleret. Sumur tersebut berada di dalam area bangunan museum. Dulunya sumur ini sudah tidak terawat dan terbengkalai, namun sekarang sumur ini sudah dipugar dan masih berfungsi dengan baik.

 

Berbagai penemuan yang berkaitan dengan keberadaan Keraton Pleret adalah ditemukannya berbagai macam batuan dan sisa-sisa bangunan keraton di sekitar tempat didirikannya musem. Contoh benda peninggalan Keraton Pleret yaitu umpak (batuan andesit yang dipakai sebagai landasan tiang); berbagai jenis arca bercorak Hindu; antefik; berbagai benda logam, seperti talam, entong, uang logam china dan berbagai peralatan rumah tangga berusia ratusan tahun yang sempat terpendam dan kini menjadi koleksi Museum Purbakala Pleret.

Galeri Foto

Museum purbakala

 

Museum purbakala1

 

Museum purbakala2

 

Museum purbakala3

 

sebagai Museum Purbakala Pleret dalam cabang Museum