SERAT PAWUKON

 

Alamat

Jl. Pangurakan No.6, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Lokasi simpan
Museum Sonobudoyo

-7.802715,110.363956

Pemilik/Pengelola
Museum Sonobudoyo

 

PB A.31  171 Bhs jawa Aks Jawa Prosa  Rol 92 no.11

Memuat pawukon lengkap dengan gambarnya, perhitungan tentang mendirikan rumah,dsb. , sifat sifat bayi lahir, pasatowan salaki Nabi dsb. Naskah ini telah dibuat catatan dan memo oleh M. Sinoe Moendisoera, Surakarta sebanyyak 1 lembar, berbunyi sebagai berikut.

Nuwun, SERAT Pawukon puniko sampun kina, Gambaripun sae-sae. Punopo malih, jangkep (tegesipun dewo dinten, pandangon, paringkelan, enz. Enz.) Wonten sedaya. Serat Pwukon menika mboten saged pejah, gesang selajengipun. Serat pawukon puniko cocog kalian kagunganipun paduko tuwan. Nanging ing sarehning Panti Budaya dereng wonten.Kula mrayogekaken kapundhut. Amargi manawi ngupadosi kang pados mekaten kados sampun awis ingkang gadah. Wasana kula nuwun Sumangga.

Seperti disebut pada catatan Sinoediatas, naskah ini sangat luarbiasakarena jumlah gambarnya. Untuk tiap wuku atau kombinasi hari, pasaran dan peringkelan terdapat empat gambaran lukisan yang mengambarkan serta menerangkan ciri khas (kemujuran,kesialan) untuk waktu itu. Naskah seperti ini merupakan satu jenis sastra tersendiri. Yang mampu membiyayai pembuatnya ( dengan puluhan lukisannya) hanya orang orang terkaya.

Naskah ini dilengkapi dengan kolofon atau informasi tekstuil lain mengenai asal muasalnay. Namun melihat kertas yang digunakan, maka dapat diperkirakan bahwa naskah disalin sekitar pertengahan abad ke-19. Nama penyalin dan tempat penyalinan tidak diketahui. Pada etiket sampai tertulis nama R. Danataruna, mungkin beliau pernahmemiliki naskah ini.

Galeri Foto

DSC04550 JPG

 

DSC04551 JPG

 

PBA31  00005

 

PBA31  00045

 

PBA31  00090

 

sebagai SERAT PAWUKON dalam cabang Naskah Kuno