SERAT BABAD TANAH JAWI

 

Alamat

Jl. Pangurakan No.6, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Lokasi simpan
Museum Sonobudoyo

-7.802715,110.363956

Pemilik/Pengelola
Museum Sonobudoyo

 

PB C.3  272 Bhs jawa Aks Pegon Macapat  Rol 14 no.3

Cerita sejarah legendaris mulai dengan Nabi Adam dan anak keturunannya sampai dengan Nabi Muhammad, dan kemudian terus sampai raja-raja Pajajaran dan Majalengka ( Majapahit). Kemudian cerita Jaka Tarub dan kisah Seh Malaya (Sunan Kalijaga) dan para wali lainnya. Kemudian Kerajaan Demak didirikan dan akhirnya berhasil merebut kerajaan Majapahit.

Pupuh terahir adalah tambahan yang tidak diambil dari babad atau buku sejarah, tetapi dari buku suluk atau piwulang yang memberi ajaran mengenai kehidupan moral dan keagamaan. Pupuh tambahan ini boleh dinamakan Suluk Abdul Jalil, mengambil nama Seh Abdul Jalil, tokoh utama yang mengutarakan masalah-masalah keagamaan didalamnya.

Naskah ini mengandung beberapa macam informasi mengenai asal usulnya, tetapi banyak yang tidak cocok, sehingga tarigh penyalinan yang diberikan tidak dapat dijadikan pegangan. Si carik yang menyalin naskah ini menyebutkan namanya sebagai Kartasetiya (h.2) dari Tulas yang pernah belajar di pesantren di panaraga, dan kemudian berkelana terus sampai Surabaya. Desa Tulas tidak jelas dimana letaknya. Berdasarkan gaya bahasa dan mukadimah, naskah ini agaknya disalin di daerah pasisiran Utara Jawa Tengah atau Jawa Timur.

Tanggal yang disebut dalam kolofon penutup tidak dapat dipakai untuk memecahkan masalah dengan kolofon pembuka, karena disitupun terdapat ketidakcocokan yang mirip. Pada h.270 disebutkan bahwa naskah disalin  pada hari rebo wage, 14 Besar, Je. Akan tetapi tanggal 14 Besar hanya mungkin jatuh pada hari rebo wage dalam tahun Je, khuruf salasih, yaitu setelah 1939M. Tarikh yang semuda itu sudah jelas tidak mungkin. Masalah ini tambah ruet lagi dengan kolofon tambahan dalam huruf Jawa yang menyebutkan angka tahun Jawa 1838, yang walaupun tahun Je, tidak cocok untuk kombinasi hari-pasaran-tanggal. Dengan sebagian banyak informasi kronometris yang kesemuanya tidak cocok baik intern maupun ekstern, maka lebih baik kita tunda saja kesimpulan mengenai tarikh penyalinan.

Galeri Foto

PBC5 00007

 

PBC5 00054

 

PBC5 00054 copy

 

PBC5 00109

 

sebagai SERAT BABAD TANAH JAWI dalam cabang Naskah Kuno