Seni

 

Cabang dari pohon budaya Seni

 

Seni adalah salah satu bentuk perwujudan dari ekspresi masyarakat Yogyakarta yang dituangkan baik dalam bentuk seni rupa, pertunjukan atau pun sinematografi. Ekspresi ini  mengandung nilai keindahan.

Perkembangan seni Yogyakarta tentu tidak bisa lepas dari sejarah ataupun akar peradaban masyarakatnya. Baik seniman-seniman yang mengembangkan karyanya dalam bentuk seni tradisi ataupun modern, keduanya sangat dipengaruhi oleh sejarah masa lalu. Hal ini tidak hanya dilihat dari bentuk dan nilai yang terkandung akan tetapi juga dilihat dari akses masyarakat dengan dunia luar.

 

Mataram Kuno (Hindu-Budha), Mataram Islam mewariskan kebudayaan baik dalam bentuk tembang, dongeng ataupun folklor. Selain itu pada masa kolonialisme dan masa revolusi perjuangan saat bangsa Eropa mulai masuk ke Jawa, budaya Barat mulai dikenal dan memberikan pengaruh kebudayaan di Yogyakarta baik terhadap wujud karya seni maupun pemikiran. Hal tersebut menggambarkan bahwa akulturasi budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan perjalanan budaya yang bermuasal dari akar sejarah dan kebudayaannya.