Kolonialisme

 

Masa Kolonialisme dalam ranah ini adalah masa ketika penjelajahan Barat sampai ke tanah Jawa dan melakukan penjajahan serta campur tangan politik dan ekonomi yang berawal di Masa Kerajaan Mataram Islam. Masa ini merupakan masa perpindahan dari Mataram Islam terpecah menjadi dua yaitu Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kasunanan Surakarta (1755) yang selanjutnya   Kasultanan Yogyakarta menjadi Propinsi bagian dari negara Indonesia (1945) yang bernama Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat sebelum negara Indonesia dibentuk telah berdiri sebagai pemerintahan sendiri pada tahun 1755 sebagai daerah Swapraja. Pada tahun 1941, Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat telah diakui oleh dunia menjadi negara yang merdeka dengan sistem pemerintahannya sendiri.  Selanjutnya penjajahan dari Belanda dan Inggris mulai masuk dan campur tangan dunia Barat baik dalam ranah politik atau ekonomi mulai muncul hingga pada akhirnya Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ikut berperan dalam pembentukan negara Indonesia dan berkedudukan sebagai propinsi bagian Indonesia.

 

Kolonialisme mempengaruhi tatanan Daerah Istimewa Yogyakarta yang pada awalnya telah memiliki sistem pemerintahan sendiri sebagai Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan saat ini hadir dalam bentuk pemerintahan yang berbeda. Beberapa bentuk penanda dari masa kolonialisme ini bisa kita jumpai dalam bentuk bangunan dan beberapa artefak yang masih ada. Selain itu pengaruh kolonialisme masih pula bisa kita jumpai dalam bentuk struktur pemerintahan dan kelembagaan yang ada di Daerah Yogyakarta.

 

Daftar kolonialisme yang ada di Yogyakarta

Kode

Nama

Lokasi

 
4.3.A.c
Benteng Vredeberg

Jl. Ahmad Yani No 2-4 Ds. Ketandan Kel./ Ds Ngupasan

4.3.A.d
Gedung Agung

Ngupasan Gondomanan Yogyakarta

4.3.A.e
Societet Militer

Ngupasan Gondomanan Yogyakarta

4.3.A.f
Gedung BNI 46

Ngupasan Gondomanan Yogyakarta

4.3.A.g
Bank Indonesia

Ngupasan Gondomanan Yogyakarta

4.3.A.h
Gedung Kantor Pos Besar
Ngupasan Gondomanan Yogyakarta
4.3.A.i
Asrama Kompi Kotabaru

Jl. Atmosukarto No. 9, Gondokusuman Kotabaru Kotabaru

4.3.A.j
Tugu Jam

Ngupasan Gondomanan Yogyakarta

4.3.A.m
Situs Gua Jepang Pundong

Ds. Ngreco Seloharjo Pundong Bantul

4.3.A.n
Situs Gua Jepang Giriharjo

Ds. Krangkan Giriharjo Panggang Gunungkidul

kolonialisme berada dalam cabang Ngayogyakarta Hadiningrat