Societet Militer

 

Alamat

Ngupasan Gondomanan Yogyakarta

-7.800271,110.368317

Pemilik/Pengelola
Dinas Kebudayaan DIY

 

Gedung yang juga disebut Sosieteit de Vereeniging ini pada zaman kolonial merupakan tempat rekreasi anggota militer Belanda beserta keluarga mereka. Serdadu Belanda memang tinggal di dekat Societeit Militaire, yaitu di Loji Besar dan Loji Kecil. Societeit Militaire merupakan bagian Benteng Rustenburg yang sekarang terkenal dengan nama Benteng Vredeburg. Pada akhir pekan, biasanya serdadu Belanda bersama anak istrinya meluangkan waktu untuk mengunjungi Societeit Militaire, misalnya untuk perayaan kelahiran Ratu Wilhelmina. Di gedung ini juga digelar pertunjukan tari, drama Hamlet, tonil Sam Pek Eng Thay dan konser musik. Gedung ini juga digunakan sebagai tempat kegiatan favorit serdadu, tempat dansa, dan berlatih anggar. Setiap kali berlangsung pesta, minuman beraroma alkohol pun diedarkan. Tak jelas waktu pembuatan gedung berarsitektur kolonial ini. Tapi, ketika Sultan Hemengku Buwono I lahir pada 4 Agustus 1717, gedung ini sudah tegak menghadap ke barat. Saat pendudukan Jepang pada 1942, Societeit Militaire dikuasai oleh kempetai, polisi militer Jepang. Pada siang hari, gedung ini digunakan kempetai untuk berlatih pedang. Tapi, setelah Indonesia merdeka, gedung Societeit Militaire pernah menjadi Markas Besar Polisi Tentara (MBPT).

Ruang utamanya berupa ruang teater dengan deretan kursi yang berbusa empuk di atas lantai bertangga. Di depannya terhampar panggung lebar, tempat berbagai seni pertunjukan kontemporer dipentaskan. Gedung Kesenian Sositet dilengkapi fasilitas ruang pertunjukan dengan kapasitas 300 penonton dan panggung berukuran 10 x 8 meter. Di depan ruang itu ada ruang lobi yang bisa dipakai untuk pertunjukan kecil dan pameran.

 

Setelah dipugar pada 1996, gedung berukuran 42,15 meter x 11,25 meter ini dikelola untuk kegiatan seni dan budaya dengan nama baru Gedung Kesenian Sositet. Gedung ini dikelola oleh Taman Budaya Yogyakarta yang sebelumnya menempati Gedung Purna budaya di kampus Universitas Gadjah Mada hingga 1996.

Galeri Foto

Societet militer

 

Societet militer1

 

Societet militer2

 

sebagai Societet Militer dalam cabang Kolonialisme