Gedung BNI 46

 

Alamat

Ngupasan Gondomanan Yogyakarta

-7.80145,110.365128

Pemilik/Pengelola
Bank BNI / Bank BNI

Tahun berdiri
1923

 

Gedung BNI 46 dirancang oleh arsitek Jawa R. Sindutomo pada tahun 1923. Gedung BNI 46 pada jaman pemerintahan Belanda digunakan sebagai kantor asuransi Nill Mastchappij. Pada jaman pendudukan Jepang, digunakan sebagai kantor Radio Jepang Hoso Kyoku dan sekaligus digunakan juga oleh pasukan pendudukan Jepang sebagai markas mereka.

Pada jaman revolusi, gedung ini oleh pemerintah difungsikan sebagai kantor Radio Republik Indonesia. Sempat dimanfaatkan juga sebagai studio siaran Radio Mataram yang dikenal dengan nama MAVRO.Gedung BNI 1.

BNI 46 Yogyakarta kental dengan gaya arsitektur Indis. Ciri khusus bangunan ini pada bagian dinding dihiasi dengan ornamen pilar semu dan roster yang berfungsi sebagai sirkulasi udara dan pencahayaan sekaligus untuk mempercantik tampilan arsitektural.

 

Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) ternyata lahir di Yogyakarta dan diresmikan oleh Wapres Moh Hatta. Bank BNI merupakan bank yang cukup tua dan hanya terpaut satu tahun dengan kemerdekaan bangsa. Kelahiran bank ini dibidani oleh Margono Djojohadikusumo pada 5 Juli 1946. Namun oleh pemerintah baru diresmikan setahun setelah proklamasi tepatnya 17 Agustus 1946.

Galeri Foto

BNI 46

 

BNI 46 1

 

BNI 46 2

 

BNI 46 3

 

sebagai Gedung BNI 46 dalam cabang Kolonialisme