Masjid Sunan Kalijogo

 

Alamat

Jln Muntilan-Wates Ds. Semaken I Banjararum Kalibawang Kulonprogo

-79.412,110.2

Pemilik/Pengelola
Masyarakat

Tahun berdiri
1477

 

Menurut cerita, Masjid Sunan Kalijaga Kedondong dibangun pada tahun 1477 oleh Adipati Terung. Pembangunan masjid atas inisiatif Sunan Kalijaga. Pada waktu itu Sunan Kalijaga dalam perjalanan ke Demak. Saat istirahat di tepi Sungai di wilayah Banjararum, Sunan Kalijaga meminta Adipati Terung tinggal di sana untuk segera mendirikan masjid. Sunan Kalijaga menunjukkan lokasi pendirian masjid dengan menancapkan tongkat. Selanjutnya Sunan Kalijaga melanjutkan perjalanan menuju ke Demak.

 

Namun Adipati Terung berpendapat, lokasi pendirian masjid yang ditunjukkan Sunan Kalijaga cukup berbahaya karena terlalu dekat dengan Sungai. Kalau mendirikan masjid disitu ia khawatir lama kelamaan bangunan dapat roboh, hanyut terbawa arus air sungai. Selanjutnya Adipati Terung menggeser ke arah timur kurang lebih 100 meter

Saat kembali dari Demak, hari Jumat Legi tahun 1477, Sunan Kalijaga kecewa mengetahui pendirian masjid tidak berada di lokasi yang ditunjukkan. Sunan Kalijaga menganggap Adipati Terung adalah orang bodho (id: bodoh). Sejak itu nama Adipati Terung menjadi Panembahan Bodho.

 

Tancapan tongkat dari Sunan Kalijaga kemudian menjadi sumber mata air dan akhirnya menjadi sebuah sumur. Oleh masyarakat setempat, sumur ini dinamakan sumur Tiban. Peninggalan lain yang masih ada antara lain bedug, mustoko, umpak dan encis. Konon bila bedug ini ditabuh, suaranya menggema sampai radius 3 Km.

Galeri Foto

Masjid sunan kalijaga

 

Masjid sunan kalijaga2

 

Masjid sunan kalijaga3

 

Masjid sunan kalijaga4

 

Masjid sunan kalijaga5

 

sebagai Masjid Sunan Kalijogo dalam cabang Mataram Islam