Sendang Slirang

 

Alamat

Sayangan, Kelurahan Jagalan, Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

-7.828175,110.400882

Pemilik/Pengelola
Kraton Yogyakarta

Tahun berdiri
1589

 

Sendang Selirang merupakan bangunan cagar budaya peninggalan Panembahan Senopati, Raja Mataram Islam. Terletak di kompleks Makam Raja Mataram Kotagede Yogyakarta, sendang ini terdri atas 2 area sendang, yaitu sendang kakung di bagian barat dan sendang putri di bagian selatan.

 

Sendang Kakung, berasal dari mata air yang mengalir tepat di bawah makam dan masuk melalui lubang saluran di bawah sendang sebelah utara. Sendang Putri bersumber dari bawah pohon beringin yang terletak di jalan menuju kompleks.

Sendang Selirang terletak di kompleks makam Kotagede, tepatnya di selatan makam. Kira-kira 300 meter sebelah utara situs Watu Gilang dan Watu Gatheng atau di sebelah selatan pasar Kotagede. Antara makam dan sendang dihubungkan oleh sebuah gapura, dan tanah tempat sendang ini berada, konturnya lebih rendah dibanding makam. Sehingga jika kita akan masuk area sendang, terlebih dahulu harus menuruni undak-udakan setelah melewati gapura atau pintu masuk. Sebagai informasi, untuk masuk ke sendang ini tidak dipungut biaya sedikitpun. Terbagi menjadi dua, Sendang Kakung (laki-laki) di sebelah utara dan Sendang Putri (perempuan) di sebelah selatan, sendang ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran 5x10 meter, beratap dan dikelilingi tembok setinggi 1 meter. Menurut salah satu kuncen (juru kunci) di sana, air yang terdapat di sendang berasal dari mata air yang mengalir tepat di bawah makam dan masuk melalui lubang saluran di bawah sendang sebelah utara (Sendang Kakung). Banyak ikan yang hidup di sendang ini, diantaranya ikan lele berwarna putih yang panjangnya hampir 1 meter.

 

Galeri Foto

Sendang seliran

 

Sendang seliran1

 

Sendang seliran2

 

Sendang seliran3

 

Sendang seliran4

 

Sendang seliran5

 

sebagai Sendang Slirang dalam cabang Mataram Islam