Pesanggrahan Gambirowati

 

Alamat

Watugajah, Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Gunungkidul

-8.016383,110.340069

Pemilik/Pengelola
Kraton Yogyakarta

Tahun berdiri
1600

 

Pesanggrahan Gambirowati adalah bangunan periode Islam yang terletak di Dusun Watugajah, Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Gunungkidul. Menurut Babad Tanah Jawi, situs Gambirowati ini merupakan bekas pesanggrahan yang digunakan oleh Sultan HB II lur.. Situs Gambirowati mempunyai luas 13.200 m2 dan terletak pada ketinggian 138 mdpl memiliki struktur bangunan berteras dan berbahan batu putih. Di dalam OV (Oudheidkundige Verslag) tahun 1925 FDK Bosch menyebut bangunan tersebut berasal dari abad XVI.

Bangunan candi diduga oleh masyarakat sekitar adalah reruntuhan candi, namun sebenarnya adalah sebuah pesanggrahan yang dibangun pada jaman mataram islam. Pesanggrahan gambirowati ini merupakan tempat sebagai pesanggrahan sultan hamengku Buono yang ke-2 yang telah memerintah selama 3  periode pada kurun waktu 1792-1828 Masehi. Tahun pembuatan candi ini tidak dikenal dengan jelas,ada juga yang menyatakan bahwa candi tersebut pernah dipakai untuk pemujaan Nyai roro kidul atau penguasa laut selatan.

Situs tersebut juga pernah dikunjungi oleh ahli purbakala pada tahun 1902 F.D.K Bosch menyatakan bahwa dari arsitektur bangunan berbentuk pilar perkiraan peninggalan ini dibangun pada abad -16.

 

Didepan candi terdapat Punden Berunduk jika kalian berdiri disitu dan memandang ke arah selatan akan terhampar pemandangan sawah yang hijau dan pohon-pohon besar yang rindang.tempat tersebut juga sangat cocok untuk hunting foto, dan sebenarnya sangat bagus untuk di kunjungi hanya karena situs candi Gambirowati belum banyak yang mengetahui sehingga masih sepi pengunjung.

Galeri Foto

Situs gambirowati 1

 

Situs gambirowati 2

 

Situs gambirowati 3

 

Situs gambirowati 4

 

Situs gambirowati 5

 

Situs gambirowati 6

 

Situs gambirowati 7

 

Situs gambirowati 8

 

sebagai Pesanggrahan Gambirowati dalam cabang Mataram Islam