Petilasan Sunan Geseng

 

Alamat

Ds. Girinyono Sendangsari Pengasih Kulonprogo

-7.67585,109.77576

Pemilik/Pengelola
Kraton Yogyakarta

Tahun berdiri
1600

 

Nama asli Sunan Geseng adalah Ki Cokrojoyo, yang menurut sebuah cerita merupakan sesepuh Desa Srimulyo, Piyungan, yang sekarang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Bantul. Namun sebagaimana banyak tokoh lainnya, juga ada beragam versi tentang riwayat Sunan Geseng. Makamnya pun ada di beberapa tempat yang letaknya berjauhan.

Persamaan dari semua versi cerita itu adalah bawah Sunan Geseng merupakan murid Sunan Kalijaga, dan ada kemiripan cerita bagaimana Ki Cokrojoyo sampai mendapatkan gelarnya yang berarti sunan yang gosong.

Ketika diangkat murid oleh Sunan Kalijaga konon Ki Cokrojoyo diminta untuk bertapa di sebuah hutan selama setahun, versi lain menyebut bahwa Sunan Kalijaga meminta Ki Cokrojoyo menjaga tongkatnya ketika sang sunan melakukan dakwah berkeliling Jawa. Ki Cokrojoyo diminta memusatkan pikiran dan tekadnya dalam menjalanankan laku ibadah.

 

Ketika hutan terbakar Ki Cokrojoyo tetap bertahan melanjutkan laku tapanya, sehingga wajah dan tubuhnya menjadi gosong ketika Sunan Kalijaga datang menjenguknya. Ki Cokrojoyo lalu mandi di Sendang Banyu Urip, dan namanya kemudian dikenal sebagai Sunan Geseng.

Petilasan Sunan Geseng, atau Kramat Sunan / Kyai Geseng, berada tepat di pinggir beton dek pandang Bendung Bedegolan, di dalam sebuah rumah kecil menghadap searah dengan aliran sungai. Nama Kyai Geseng juga ditulis pada dinding tembok di dekat salah satu roda gigi yang mengendalikan pintu air.

Galeri Foto

Petilasan sunan geseng

 

Petilasan sunan geseng1

 

Petilasan sunan geseng2

 

Petilasan sunan geseng3

 

sebagai Petilasan Sunan Geseng dalam cabang Mataram Islam