Pura Pakualaman

 

Pura Pakualaman adalah Istana Kadipaten yang terletak di sebelah timur Kraton Yogyakarta. Sejarah kadipaten ini tidak bisa lepas dari sejarah Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Artinya tidak lepas pula dari sejarah masa kolonialisme. Selanjutnya Kadipaten Pura Pakualaman ini menjadi bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saat ini Pura Paku Alaman berubah menjadi Lembaga adat Jawa atau pelindung dan penjaga identitas budaya Jawa khususnya gaya Paku Alaman. Pengaruh gaya Paku Alaman pun tidak lepas dari kebudayaan Mataram Islam. Hal ini disebabkan karena sejarah lahirnya Pura Pakualaman merupakan bagian dari alur politik terpecahnya Mataram Islam pada masa kolonialisme dan masuknya campur tangan VOC di Mataram Islam.

 

Seperti halnya dalam sebuah pohon, terkadang ada sebuah cabang besar menyerupai batang induknya. Kehadirannya justru menambah keindahan pohon seperti dalam filosofi “Dwi Naga, Tunggal Rasa”. Yaitu ada dua kekuasaan namun memiliki satu rasa. Rasa inilah yang disebut kebudayaan dan nilai luhur.

 

Daftar Pura Pakualaman yang ada di Yogyakarta

Kode

Nama

Lokasi

 
6.2.A.1
Lukisan Kanjeng Susuhunan Pakubuwana X
Yogyakarta
6.2.A.2
Rebab Plentong
Yogyakarta
6.2.A.3
Busana Prajurit Lombok Abang
Yogyakarta
6.2.A.4
Senjata 3 Zaman Kolonial
Yogyakarta
6.2.A.5
Busana Raja Puro Pakualaman
Yogyakarta
6.2.A.6
Busana Permaisuri Puro Pakualaman
Yogyakarta
6.2.A.7
Kereta Kyai Manik Kumolo
Yogyakarta
6.2.A.8
Kereta Kyai Roro Kumenyar
Yogyakarta
6.2.A.9
Kereta Kiyai Brojonolo / Kyai Manikbrojo
Yogyakarta
6.2.A.10
Peralatan Dapur
Yogyakarta
6.2.A.11
Keris Kumbokarno dan Dosomuko
Yogyakarta