Sosial Budaya

 

Cabang dari pohon budaya Sosial Budaya

 

Kehidupan sosial budaya masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan perilaku manusia dalam menjaga nilai-nilai luhur demi menciptakan tatanan masyarakat yang baik. Nilai-nilai luhur tersebut dilahirkan dalam bentuk adat istiadat berupa upacara adat, kebudayaan kuliner dan memelihara citra lingkungan misalnya dalam wujud desa wisata.

Dalam hal perilaku kehidupan sosial budaya, masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta tidak bisa lepas dari kebudayaan yang membentuknya, yaitu kebudayaan dari peradaban Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Hal ini bisa berupa perkembangan ataupun akulturasi budaya dari masa ke masa. Maupun merupakan warisan yang dijaga utuh baik secara bentuk dan nilai yang terkandung di dalamnya.

 

Kebudayaan yang berasal dari masa Mataram Kuno, Mataram Islam,  masa kolonialisme dan masa revolusi perjuangan mempengaruhi kehidupan sosial budaya masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta. Sehingga tidak lain bahwa kehidupan sosial masyarakat saat ini merupakan refleksi dari kehidupan masyarakat dari peradaban sebelumnya. Sebagai gambaran, bahwa kekokohan cabang pohon merupakan cerminan dari kokohnya batang dan akar pohon.