Desa Kerajinan Gerabah Panjangrejo Yogyakarta

 

Alamat

Desa Panjangrejo, Kecamatan Pundong, Bantul INDONESIA

-7.96861,110.330098

 

Desa wisata ini menghasilkan kerajinan gerabah yang dimulai dari dulu secara turun temurun. Kemudian tahun 1975 ditetapkan sebagai desa wisata. Perkembangan desa wisata ini mengalami kejayaan di tahun 90an dan sempat mengalami penurunan di tahun 2000an, terlebih ada peristiwa gempa bumi Jogja 2006. Kini desa wisata ini mulai berbenah.

Di Desa Panjangrejo ini para wisatwan dapat memilih beraneka ragam hasil produk dari tanah liat tersebut, dari yang tradisional seperti tungku, padasan sebagai tempat wudlu atau maron sebagai tempat air dan juga produk yang sudah dkembangkan seperti halnya wine cooler yang berfungsi sebagai tempat botol, kap lampu, tempat lilin, topeng, patung, dan berbagai souvenir. Berbagai peningkatan kualitas selalu diupayakan di desa Panjangrejo tersebut guna menghasilkan gerabah yang bagus baik dari segi mutu maupun segi desain sehingga menarik karena berkesan artistic.

 

Para wisatawan pun di desa Panjangrejo tersebut dapat secara langsung gerabah, pundong, panjangrejomenikmati cara pembuatan gerabah gerabah tersebut, sekaligus bisa berinteraksi langsung dengan para pengrajin gerabah tersebut. Hal ini sangat menarik disamping kita bisa melihat proses sekaligus pembelajaran bagi para wisatawan untuk mendapatkan pengetahuan yang baru tentang pembuatan gerabah tersebut. Di tempat ini dalam produksinya dibedakan menjadi dua jenis produk yakni produk alami tanpa bahan kimia seperti tamarine dan terraccota dan produk hasil pengecatan. Selain itu para wisatawan dapat juga berbelanja produk ditempat ini tentunya dengan harga yang lebih murah dan terjangkau.

Galeri Foto

Desa kerajinan gerabah panjangrejo

 

Desa kerajinan gerabah panjangrejo1

 

Desa kerajinan gerabah panjangrejo2

 

Desa kerajinan gerabah panjangrejo3

 

sebagai Desa Kerajinan Gerabah Panjangrejo Yogyakarta dalam cabang Desa Wisata