Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta

 

Alamat

Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo Telp: +6281392023122

-7.808131,110.129582

 

Desa Wisata Kalibiru adalah tempat wisata yang berada di atas Waduk Sermo, yang merupakan satu-satunya Waduk di Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Wisata Kalibiru merupakan pengembangan dari adanya Wisata Alam Kalibiru.

Pengembangan ini perlu dilakukan mengingat semakin banyaknya permintaan dan tuntutan banyak pihak, khususnya para pengunjung Wisata Alam akan kebutuhan rekreasi yang menampilkan budaya dan kehidupan masyarakat lokal, yang masih belum mampu terpenuhi dari sisi Wisata Alam.

Jadi keberadaan Desa Wisata Kalibiru tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Wisata Alam di wilayah ini sebagai cikal bakal sekaligus andalan bagi Desa Wisata Kalibiru. Keberadaan Wisata Alam sendiri tidak lepas dari proses panjang pengelolaan kawasan hutan yang ada di Kulon Progo, yang pada akhirnya dikelola oleh masyarakat sekitar hutan dengan nama Hutan Kemasyarakatan (HKm).

 

Sementara Izin Pemanfaatan HKm juga tidak bisa dilepaskan dari Sejarah Hutan Negara yang ada di wilayah ini, karena keberadaan Hutan Negara menyimpan banyak cerita yang cukup mengesan, khususnya bagi penduduk di sekitarnya.

Desa wisata Kalibiru merupakan wisata alam di Kulonprogo. Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru berada di Perbukitan Menoreh Kulonprogo Yogyakarta, pada ketinggian 450 m dpl. Lokasi kawasan wisata ini berada di kurang lebih 40 km di sebelah barat Kota Yogyakarta, atau hanya berjarak 10 km dari Kota Wates, Ibukota Kabupaten Kulonprogo. Wisata Alam ini dibangun atas inisiatif masyarakat di sekitar hutan Negara yang berkeinginan agar hutan tersebut tetap tumbuh hijau, sejuk, dan lestari. Pengembangan wisata alam ini tidak lepas dari proses panjang upaya masyarakat di sekitar hutan dalam memulihkan keadaan hutan yang dulunya tandus dan gersang.

 Pembangunan wisata alam Kalibiru dilakukan sebagai salah satu bentuk pemanfaatan jasa lingkungan atas dasar Izin Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan selama 35 tahun - (terhitung sejak 14 Pebruari 2008) - yang telah dipercayakan oleh Pemerintah kepada masyarakat di sekitar hutan Negara tersebut. Keunggulan kawasan wisata ini adalah terbangunnya harmonisasi antara kondisi hutan Negara dengan hamparan berbukit yang menghijau dengan pemandangan alamnya yang sangat indah dan mempesona, yang terpadu dengan suasana masyarakat Desa yang ramah, santun, yang masih kental dengan rasa kekeluargaan dan kegotongroyongan, dan memiliki beraneka macam seni budaya tradisional, sehingga mampu menimbulkan rasa tenang dan nyaman siapa saja yang berkunjung di kawasan wisata alam ini

Galeri Foto

Kalibiru 1

 

Kalibiru 1

 

Kalibiru 10

 

Kalibiru 10

 

Kalibiru 11

 

Kalibiru 11

 

Kalibiru 12

 

Kalibiru 12

 

Kalibiru 13

 

Kalibiru 13

 

Kalibiru 14

 

Kalibiru 14

 

Kalibiru 2

 

Kalibiru 2

 

Kalibiru 3

 

Kalibiru 3

 

Kalibiru 4

 

Kalibiru 4

 

Kalibiru 5

 

Kalibiru 5

 

Kalibiru 6

 

Kalibiru 6

 

Kalibiru 7

 

Kalibiru 7

 

Kalibiru 8

 

Kalibiru 8

 

Kalibiru 9

 

Kalibiru 9

 

sebagai Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta dalam cabang Desa Wisata