Desa Wisata Wonosadi Yogyakarta

 

Alamat

Dusun Duren Dan Sidorejo, Desa Beji, Kecamatan Ngawen, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia

-7.841388,110.670715

 

Hingga sekarang, masyarakat masih memercayai bahwa Hutan Wonosadi mempunyai nilai keramat. Hal itu ditandai dengan masih beredarnya cerita masa lalu yang turun-temurun hingga sekarang. Cerita berawal dari Onggoloco, yaitu putra salah seorang selir Prabu Brawijaya V dari Kerajaan Majapahit yang melarikan diri dari kejaran pasukan Kerajaan Demak, pernah bertapa di kawasan Hutan Wonosadi. Onggoloco dikenal memiliki ilmu kebatinan tinggi. Dalam pertapaannya, Onggoloco membuat hutan supaya penduduk setempat tak kekurangan air lagi. Cerita itu memunculkan penamaan hutan ini, di mana Wonosadi berasal dari kata “wono” yang berarti “alas/Hutan” dan “sadi” yang mengandung arti “sandi/rahasia”. Ceritanya hingga saat ini rahasia sandi tersebut belum terungkap.

Desa Wisata Wonosadi terletak di dua dusun yaitu Dusun Duren dan Sidorejo, Desa Beji, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini berada sekitar 35 km kea rah utara dari Kota Wonosari.  Potensi wisata yang ditawarkan di Desa Wisata ini adalah eksotisme Hutan dengan suasana yang masih alami. Lokasi hutan tersebut sangat dijaga dengan baik oleh masyarakat sekitar.

 

Selain Hutan Wonosadi sebagai potensi wisata, Desa ini juga memiliki daya tarik lain yaitu Watu Gedhong, Kali Ndek, dan Sedang Karang Tengah yang merupakan wisata rohani. Kerajinan juga merupakan nilai tambah yang dimiliki oleh desa wisata ini. Masyarakatnya memiliki benda-benda kerajinan dari bambu. Berbagai kesenian dan acara kebudayaan juga sering dilakukan seperti upacara rasulan, sadranan, mboyong dewi Sri, midang, mitoni, ruwatan serta seni music rinding gumbeng. 

Galeri Foto

Desa wisata wonosadi 1

 

Desa wisata wonosadi 2

 

Desa wisata wonosadi 3

 

Desa wisata wonosadi 4

 

Desa wisata wonosadi 5

 

sebagai Desa Wisata Wonosadi Yogyakarta dalam cabang Desa Wisata