Desa Wisata Mojo Yogyakarta

 

Alamat

Dusun Mojo, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia.

-7.888774,110.675612

 

Desa Wisata Mojo, Ngeposari telah resmi dibuka oleh pemerintah Kabupaten Gunungkidul, DIY sejak tahun 2009. wisata Mojo merupakan wisata minat khusus dengan menonjolkan tiga goa yakni Goa Gesing, Jlamprong dan Sinden. Keistimewaannya, mulut ketiga goa tersebut menyambung sehingga menarik untuk dijadikan arena susur goa dengan panjang lorong mencapai 500 meter. Desa Wisata Mojo, terletak di Padukuhan Mojo, Ngeposari, Semanu, Gunungkidul. Berjarak sekitar 8 Km dari kota Wonosari arah timur. Desa Wisata Mojo sebagai icon utamanya adalah kerajinan Ukir batu. Jika kita masuk ke wilayah Padukuhan Mojo khususnya disepanjang jalan akan banyak kita jumpai usaha ukir batu ataupun rumah-rumah cantik dengan ornamen batu-batu putih.Selain ukir batu, yang juga menarik di Desa Wisata Mojo adalah petualangan caving dibeberapa goa yang masih alami. Diantaranya Goa Gesing, Goa Jlamprong dan Goa Sinden. Masing-masing punya keunikan berbeda.Yang sama dari ketiga goa ini merupakan goa bawah tanah.

Yang menarik di dalam Goa Jlamprong ada stalagtit yang besar bernama “Soko Guru” kono banyak orang percaya tetesan air ini bertuah, sehingga siapa yang mencuci muka dengan air ini dan berdoa dapat terkabul keinginannya.

 

Di akhir perjalanan caving kita akan finish di goa Sinden, di goa ini terdapat daerah sungai dengan aliran air hangat dan konon dahulu kala ditempat ini biasa digunakan untuk semedi calon sinden, sehingga namanya goa Sinden.

Galeri Foto

Desa wisata mojo

 

Desa wisata mojo1

 

Desa wisata mojo2

 

Desa wisata mojo3

 

Desa wisata mojo4

 

sebagai Desa Wisata Mojo Yogyakarta dalam cabang Desa Wisata