Desa Wisata Plempoh Yogyakarta

 

Alamat

Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. Telp: +62-815-7946880

-7.628032,110.369858

 

Sebagian besar kondisi geografis desa wisata Plempoh berupa perbukitan kapur yang menyimpan potensi keindahan alam serta keunikan cara hidup dan budaya masyarakat lokal. Kondisi alam yang sebagian besar berwujud perbukitan, memiliki suasana yang tenang dan damai. Sehingga sumber daya alam tersebut sangat cocok apabila dijadikan tempat untuk bermeditasi. Selain itu faktor jalan setapak di perbukitan yang tidak begitu terjal memungkinkan untuk dilakukan kegiatan hiking jalan lintas alam. Jalur lintasan alam tersebut juga sangat cocok bagi para pemula bahkan para lanjut usia yang ingin mendapatkan kebugaran badan dan pikiran.

 

Selain beberapa potensi wisata yang ada di desa Plempoh, tidak terlewatkan yang paling utama ialah keberadaan situs bersejarah Keraton Ratu Boko. Obyek wisata yang berupa candi-candi peninggalan jaman kejayaan peradaban Hindu dan Budha. Selain situs Keraton Ratu Boko banyak pula ditemukan situs bersejarah yang berupa candi tersebut antara lain, Candi Barong, Candi Banyunibo, dan Candi Ijo.

Desa Plempoh terletak di sebelah selatan Taman Wisata Candi Ratu Boko ini berada di wilayah administrasi Kabupaten Sleman Propinsi Yogyakarta. Dengan jumlah penduduk yang mencapai 200 jiwa, Desa Plempoh juga memiliki banyak potensi daerah yang masih dapat dikembangkan sehingga diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi pedesaan khususnya di Desa Plempoh.

Potensi desa:

Berada di area wisata Candi Ratu Boko. Diharapkan dengan kondisi seperti itu, masyarakat dapat memanfaatkan keuntungan dengan membuka tempat berjualan atau yang lainnya.

Masih banyak lahan tidur. Di Desa Plempoh sendiri masih banyak lahan yang belum dimanfaatkan secara optimal oleh pemiliknya, seperti kebun dan sawah tadah hujan.

Sumber Daya Manusia.

Ada potensi pasti ada juga kendala yang dihadapi oleh masyarakat, diantaranya:

Air. Di Desa Plempoh saat musim kemarau masih mengalami kekeringan karena kurangnya pepohonan di perbukitan desa.

Modal. Mayoritas penduduk desa Plempoh bekerja sebagai petani, hal ini membuat geliat perekonomian desa masih terasa kurang. Sehingga sangat dibutuhkan bantuan permodalan agar masyarakat desa Plempoh dapat memulai untuk berusaha memperbaiki taraf penghidupannya.

Masyarakat desa Plempoh telah membentuk kelompok-kelompok kerja yang sesuai dengan minatnya. Diantaranya:

Kelompok Tani "Ngudi Makmur"

Kelompok Ibu-Ibu PKK

Pendidikan Anak Usia Dini "Teratai"

 

Organisasi Pemuda-Pemudi Plempoh


Galeri Foto

Desa wisata plempoh 1

 

Desa wisata plempoh 2

 

Desa wisata plempoh 3

 

Desa wisata plempoh 4

 

sebagai Desa Wisata Plempoh Yogyakarta dalam cabang Desa Wisata