Desa Wisata Tunggul Arum Yogyakarta

 

Alamat

Tunggul Arum, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

-7.602129,110.392452

Pemilik/Pengelola
Desa Wisata Tunggul Arum Yogyakarta

Tahun berdiri
1961

 

Desa tunggul arum terbentuk tidak terlepas dari peristiwa erupsi merapi tahun 1961. Awalnya erupsi tahun 1961 tersebut lahar merapi mnegarah ke sungai Bebeng dan Sungai putih yang melintasi daerah yang disebut Tunggul wulung dengan jarak luncur kurang lebih 8 hingga 9 kilometer. Sebagai antisipasi oleh pemerintah warga di sarankan untuk transmigrasi, namun hanya sekitar 60 kepala keluarga saja yang mau mengikuti saran pemerintah tersebut. Selebihnya beserta sesepuh dan perangkat desa tersebut tidak ingin meninggalkan tanah kelahiran mereka. Akhirnya wakil gubernur DIY waktu itu Sri Paduka Paku Alam VIII memberikan tanah sebagai relokasi tempat tinggal warga yang tidak ingin pindah tersebut, hingga terbentuklah dusun tunggul arum tersebut.

Desa Wisata Tunggul Arum merupakan sebuah desa dilereng merapi, keindahan gunung senantiasa menyapa saat anda berkunjung ke desa wisata tersebut. Desa wisata ini berada di lereng sebelah barat tepatnya di dusun Tunggularum, desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dusun Tunggul arum terletak di 30 km kea rah utara dari kota Yogyakarta, dan berada pada ketinggian 700-800 m diatas permukaan laut.

Keindahan alam yang tidak bisa dipungkiri lagi dengan latar belakang gunung merapi yang senantiasa memancarkan keelokannya. Merapi tak pernah habis diekploitasi keindahannya, wajar bila desa wisata sekitar gunung merapi ini menjadikannya salah satu obyek atau daya tarik desa mereka. Namun desa wisata tunggul arum tidak hanya mengandalkan keindahan gunung mereapi semata namun masih ada hutan konservasi dengan flora dan faunanya, dan juga wisata ritualnya yang merupakan tempat legenda dan sacral yakni Goa Semar, Kedung Cuwo, Sendang Pancuran, pring wali, batu taunggang.

Selain itu masih ada wisata budaya yang setiap tahun di gelar oleh desa wisata tunggul arum tersebut yakni merti bumi. Merti bumi ini dilakukan setiap bulan sapar dalam kalender jawa dengan kegiatan berupa kirab pusaka dan kenduri bersama dengan tumpengan dan dawet cuwo.

 

Merti bumi dimaksudkan sebagai ucapan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa dimana desa mereka telah diberikan berkah.

Galeri Foto

Dw tunggularum 1

 

Dw tunggularum 1

 

Dw tunggularum 2

 

Dw tunggularum 2

 

Dw tunggularum 3

 

Dw tunggularum 3

 

Dw tunggularum 4

 

Dw tunggularum 4

 

Dw tunggularum 5

 

Dw tunggularum 5

 

sebagai Desa Wisata Tunggul Arum Yogyakarta dalam cabang Desa Wisata