Desa Wisata Ketingan Yogyakarta

 

Alamat

Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Sleman, Yogyakarta, Indonesia

-7.734698,110.32855

Pemilik/Pengelola
Desa Wisata Ketingan Yogyakarta

Tahun berdiri
1997

 

Hal yang unik dari desa wisata ini adalah burung-burung ini tidak sejak dahulu memiliki habitat di sana. Ribuan burung kuntul datang dan membuat sarang ke Desa Ketingan beberapa saat setelah peresmian gapura dusun oleh Sultan HB X di tahun 1997.

Ketingan yang berlokasi di Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, ini menghadirkan sisi natural atau alami dari Yogyakarta dan juga ditengarai dengan banyak bangau disana.

 

Menikmati suasana perdesaan yang masih alami bisa menjadi pilihan liburan keluarga yang menarik. Selain sebagai ajang mengistirahatkan diri sejenak dari rutinitas sehari-hari liburan ke desa wisata menjadi pengalaman tersendiri bagi anda yang memang terbiasa hidup di kota. Desa Wisata Ketingan sering juga disebut dengan desa wisata burung kuntul (bangau). Desa ini menjadi sangat istimewa karena keberadaan koloni burung kuntul (bangau) dan burung blekok yang berjumlah sangat banyak, bahkan bisa mencapai ribuan. Di Dusun Ketingan terdapat banyak gardu yang dapat digunakan sebagai tempat pengamatan burung (bird watching). Saat paling tepat untuk mengamati pola perilaku burung-burung tersebut adalah di pagi hari atau di sore hari. Setiap pagi, burung-burung tersebut akan terbang berpencar keluar dari desa menuju ke daerah persawahan yang ada banyak air untuk mencari makan. Dikala senja menjelang, burung-burung ini pun kembali ke Dusun Ketingan. Mereka akan mencok (bertengger) dan bersarang di pepohonan yang masih banyak terdapat di Desa Ketingan.

Galeri Foto

Dw ketingan

 

sebagai Desa Wisata Ketingan Yogyakarta dalam cabang Desa Wisata