Desa wisata Tanjung Yogyakarta

 

Alamat

Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, Indonesia

-7.687485,110.388905

Pemilik/Pengelola
Desa wisata Tanjung Yogyakarta

 

Desa Wisata Tanjung merupakan suatu desa wisata yang meliputi 3 padukuhan dalam wilayah Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman,  Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Padukuhan Banteran, Padukuhan Panasan, dan Padukuhan Bantarjo. Secara geografis terletak di antara Gunung Merapi dengan Kota Yogyakarta, berjarak lebih kurang 10 km ke arah utara dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, atau sekitar 25 km ke arah selatan dari puncak Gunung Merapi.

Pembentukan Desa Wisata Tanjung dilatarbelakangi pemikiran dan kenyataan bahwa para wisatawan yang berkunjung ke wilayah Yogyakarta sudah mulai bosan dengan visata konvensional yang selalu diajak ke Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Kraton Yogyakarta. Dengan hanya mengandalkan obyek wisata konvensional tersebut,  masa tinggal para wisatawan di Ygyakarta juga relatif singkat, hanya sekitar 3 hari. Untuk itu perlu dicari terobosan baru untuk mengatasi permasalahan di atas. Salah satu alternatifnya adalah dengan melakukan wisata pedesaan, dimana para wisatawan diajak untuk menghayati pola kehidupan masyarakat pedesaan yang aman, tentram, dan damai, jauh dari segala kesibukan yang melelahkan. Para wisatawan juga diajak untuk hidup bersama dengan masyarakat yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan yang luhur, seperti keramahan, gotong royong, tolong menolong, keuletan, serta kehidupan yang harmonis dengan alam sekitarnya.

 

Desa Tanjung sebagai sebuah desa yang memiliki monument budaya berupa Joglo Tanjung dan pola kehidupan masyarakatnya yang masih tradisional, menyambut baik keinginan pihak Pemerintah dalam hal ini Sub Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, bersama dengan beberapa pelaku wisata Jogjakarta, untuk menjadikan Desa Tanjung menjadi salah satu Desa Wisata. Kesediaan ini juga dilatarbelakangi kesadaran bahwa sudah selayaknya rejeki pariwisata tidak hanya dinikmati oleh orang-orang yang berpunya saja, namun masyarakat dusun juga dapat menikmatinya sekaligus sebagai upaya untuk melestarikan adat istiadat yang luhur warisan nenek moyang kita.

Galeri Foto

Of donoharjo 1

 

Of donoharjo 1

 

Of donoharjo 3

 

Of donoharjo 3

 

sebagai Desa wisata Tanjung Yogyakarta dalam cabang Desa Wisata