Desa Wisata Petung Yogyakarta

 

Alamat

Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta
Telp: +62-817-41105688

-7.60206,110.445671

Pemilik/Pengelola
Museum Sonobudoyo

 

Desa wisata Petung berada pada dusun Petung desa Kepuhharjo kecamatan Cangkringan, Sleman. Jarak tempuh dari  Kota Yogyakarta sekitar 20 Km kearah utara. Jarak dari Ibu Kota kecamatan Cangkringan sekitar 5 Km. Desa wisata ini memiliki keindahan dan suasana perdesaan yang masih sangat asri. Desa wisata Petung yang  terletak pada ketinggian 850-900 meter diatas permuakaan laut memiliki berbagai daya tarik wisata alam perdesaan khas desa lereng Gunung Merapi.

 

Hutan yang mengelilingi desa menambah kesejukan desa wisata Petung. Dari gardu pandang, dapat dilihat keelokan Gunung Merapi. Sering kali burung elang terbang ikut menghiasi pemandangan alam. Dengan potensi alam wilayah cangkringan yang berdekatan dengan gunung merapi maka dusun Petung mempunyai keunikan dan keindahan alam yang mempesona. Salah satu daya tarik utama dari desa wisata ini adalah adanya perkebunan kopi  yang dimiliki oleh masyarakat. Dengan perkebunan kopi yang hijau menyejukan dan nuansa pedesaan yang masih asli rasanya sayang kalau dilewatkan untuk dikunjungi.

Tanaman kopi merupakan salah satu komoditas andalan di Dusun Petung. Kopi petung tumbuh di lereng merapi, kopi petung memiliki aroma yang desap dengan cita rasa yang mantap. Kopi yang ditanam di daerah ini berjenis Arabica dan Robusta.Di desa wisata ini pengunjung dapat belajar dari petani kopi, bagaimana mereka memilihara tanaman kopi, memetik biji kopi, serta mengolahnya hingga cara menghidangkannya.

Dandan kali merupakan tradisi Desa Petung yang dilaksanakan setiap bulan Ruwah pada hari Jum’at Kliwon. Tradisi ini dilaksanaakan sebagai ucapan syukur atas rejeki air yang  tidak pernah kering meski pada musim kemarau.Tradisi ini memiliki nilai sejarah tersendiri di Dusun ini. Konon ada dua orang sesepuh desa yaitu Mbah Kertoyadi dan Mbah Kertodikromo menanam dua buah pohon besar di dekat mata air. Tujuannya untuk menjaga sumber mata air agar tetap lestari. Sebagai ucapan syukur, kedua sesepuh tersebut mengadakan syukuran yang hingga kini masih menjadi tradisi. Syukuran dandan kali dilakukan dengan penyembelihan kambing jantan di dekat mata air di Utara Desa. Uniknya penyembeliha kambing dan yang memask daging kambing ini hanya dilakukan oleh kaum laki-laki saja.

https://desawisatasleman.wordpress.com/desa-wisata-petung/

Galeri Foto

Dw petung 1

 

Dw petung 1

 

Dw petung 2

 

Dw petung 2

 

Dw petung 3

 

Dw petung 3

 

sebagai Desa Wisata Petung Yogyakarta dalam cabang Desa Wisata