Pecel Senggol Pasar Beringharjo

 

Alamat

Pasar Beringharjo

-7.798746,110.365285

Pemilik/Pengelola
Paguyuban Pedagang Pecel

Tahun berdiri
1876

 

Lokasi pasar Beringharjo berdasarkan peta pada tahun 1765 adalah sebuah lahan kosong di tanah tegalan. Dan berdasarkan peta tahun 1876 sudah menampakkan bangunan pasar yang berupa los yang memanjang arah utara-selatan dengan jalan di sebelah baratnya (Jl. Malioboro-Margomulyo)

Nama Beringharjo diberikan setelah bertahtanya Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tanggal 24 Maret tahun 1925. Sri Sultan Hamngku Buwono VIII memerintahkan agar semua instansi di bawah naungan Kesultanan Yogyakarta menggunakan Bahasa Jawa Nama Beringharjo dipilih karena memiliki arti wilayah yang semula hutan beringin (bering) yang diharapkan dapat memberikan kesejahteraan (harjo)

Pecel Pasar Beringharjo merupakan makanan tradisional Jawa populer yang terdiri dari sayuran yang direbus dengan disiram bumbu kacang. Sayurannya terdiri dari taoge, timun, kacang panjang, daun bayam, kenikir, wortel dan daun kemangi. Pecel dihidangkan beserta lauk berupa tempe bacem, sate usus, empal daging, sate telur puyuh dan aneka gorengan. Makanan ini disajikan di atas pincuk daun pisang

Galeri Foto

Pecel 1

 

Pecel 4

 

Pecel 5

 

sebagai Pecel Senggol Pasar Beringharjo dalam cabang Kuliner